Selasa, 27 September 2016

Masa-masa SMP ( Junior High School )



Setelah lulus dari SD saya melanjutkan ke SMP yang letaknya sangat berdekatan. SMP yang saya masuki juga merupakan sekolah terfavorit disana. Banyak siswa siswi di luar kecamatan Cibungbulang memilih untuk bersekolah disana.
Di masa SMP lah pengalaman dan prestasi yang saya peroleh semakin banyak, karena lebih sering mengikuti event tingkat Kabupaten, Kota, Provinsi bahkan Nasional.

Tahun pertama di SMP, saya langsung mengikuti kegiatan ekstrakulikuler Pramuka dan Basket. Sekolah saya memiliki banyak kegiatan ekstrakulikuler atau ekskul, mulai dari organisasi, olahraga dan kesenian. Walaupun saya mengikuti kegiatan ekskul, kegiatan tersebut tidak menggangu prestasi akademik saya. Saya masih bisa mempertahankan nilai-nilai akademik saya, sehingga tetap masuk peringkat 5 besar sampai kelas 3 SMP.

Melanjutkan Pramuka di SMP menuntut saya berlatih lebih giat lagi, lebih memperdalam pengetahuan dan skill saya di bidang kepramukaan. Pengalaman saya di Pramuka semasa SMP akan saya bahas di post khusus selanjutnya. Sedangkan di ekskul Basket, karena keluarga saya memang sangat suka berolahraga, saya termotivasi dari kakak-kakak saya yang suka bermain basket. Kemampuan saya di bidang olahraga membawa saya mengikuti event pekan olahraga pelajar dan lari marathon.


Di kelas 2, kegiatan saya bertambah dengan mengikuti kegiatan OSIS. Jadwal saya yang padat dan lebih sering berada di sekolah menyebabkan saya jarang ada di rumah dan juga jarang berkumpul dengan keluarga. Bahkan saya tidak memikirkan kalau tubuh saya memiliki batasan sampai akhirnya saya jatuh sakit. Saya sering telat makan dan jajan sembarangan. Pernah suatu hari walaupun saya ikut berbagai latihan persiapan lomba, tapi pada akhirnya saya tidak bisa ikut berpartisipasi karena sakit.
Ada hal yang lucu yang selalu dibicarakan teman dan guru tentang saya, walaupun saya siswa yang aktif, tapi saya terkadang suka datang terlambat ke sekolah padahal jarak rumah saya sangat dekat. Ya setidaknya saya bukan siswa yang sempurna dan masih bisa melakukan kesalahan yang tidak patut untuk ditiru. Hehehe..
Di akhir masa kelas 2, saya mengikuti seleksi Pramuka untuk event Jambore Nasional. Hampir setiap bulan saya mengajukan dispensasi ke sekolah untuk mengikuti pelatihan di bumi perkemahan Cimandala. Karena pelatihan yang cukup melelahkan, biasanya setelah pelatihan setiap hari senin di sekolah saya tidak ikut upacara dan tidur di kelas. Oia, semenjak masuk SMP dan aktif di kegiatan ekstrakulikuler saya jadi lebih sering izin tidak masuk sekolah. Tapi sekolah selalu mengizin kan karena semua itu demi sekolah, dan itupun tidak sia-sia karena saya bisa mempersembahkan banyak piala atas beberapa perlombaan yang saya ikuti.

Dan saat kelas 3 SMP, saya mengurangi semua kegiatan ekstrakulikuler karena harus mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional. Saya juga mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah untuk memfokuskan saya belajar. Nilai akademik saya selalu bagus, saya diperbolehkan untuk mengikuti 2 tes pendaftaran SMA di Kota dan Kabupaten Bogor. Tapi saya tidak lolos ujian masuk SMA di Kota Bogor dengan selisih nilai yang sangat tipis dengan nilai yang dibutuhkan untuk masuk. Tapi yasudahlah, mungkin itu bukan rezeki saya. Selanjutnya saya mengikuti ujian tes masuk SMA di Kabupaten Bogor, sejak SD dan SMP bersekolah dekat rumah, SMA dilanjut ke sekolah di lain kecamatan. Pengalaman tak terlupakan saat acara perpisahan sekolah di pusat pelatihan TNI dan saya beserta teman-teman harus menaiki truk untuk sampai kesana. Bayangkan saja, acara perpisahan formal dengan pakaian serba rapi tapi diangkut naik bak terbuka di truk dan sialnya lagi sesampainya disana turunlah hujan.

Itu saja yang bisa saya sampaikan kali ini.
Sampai jumpa di lain kesempatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar