Senin, 29 Februari 2016

Masa-Masa Sekolah Dasar



Cerita awal udah,
Cerita waktu di TK udah, sekarang cerita di masa-masa SD.

Berbeda saat TK yang letaknya lumayan jauh dari rumah, sehingga harus diantar jemput oleh orang tua atau kakak saya. Saat memasuki jenjang Sekolah Dasar, saya masuk ke SD favorit di dekat rumah saya. Jaraknya sekitar 50 meter, walaupun dekat dan pergi ke sekolah sendiri saya masih perlu berhati-hati karena harus menyebrangi jalan raya.
Saya cukup beruntung tinggal di daerah ramai, bisa dibilang daerah rumah saya merupakan pusatnya kecamatan. Karena berada di pertigaan jalan menuju tempat wisata Gunung Salak, jadi semua fasilitas publik tersedia disana. Mulai dari Puskesmas, Polsek, Koramil, Minimarket, Sekolah, Lapangan Kecamatan juga Pusat Niaga dari mulai kuliner sampai kebutuhan sehari-hari.
Di dekat rumah saya terdapat komplek Sekolahan (saya sebut demikian karena banyak sekolah dalam satu tempat), ada 3 Sekolah Dasar dan 1 Sekolah Menengah Pertama disana.
Nah, disanalah saya menghabiskan masa-masa sekolah tingkat SD dan SMP.


Saya murid yang tergolong pintar saat SD, selalu masuk ranking 5 besar. Karena ibu saya guru dan bapak saya polisi, jadi saya selalu belajar dengan giat dan sangat displin. Saat kelas 1, saya hanya mampu di peringkat 4 atau 5 tapi semenjak kelas 2 sampai kelas 6 saya naik ke peringkat 2 atau 3. Saya tidak pernah mendapat peringkat 1 karena ada anak laki-laki yang sangat pintar di kelas saya.
Sifat saya yang unik dimana saya perempuan  yang aktif, tomboy dan pintar, menjadikan saya orang yang mudah bergaul. Saya dekat dengan semua teman saya saat di sekolah.
Berbagai pengalaman saya dapatkan saat sekolah dasar, mulai dari mengikuti olimpiade, murid teladan, lomba gerak jalan, bermain musik tradisional, dokter kecil, dan paling utama bergabung dalam organisasi Pramuka.

Saat itu belum ada teknologi atau gadget yang meracuni pergaulan, sehingga masa-masa itu sangat menyenangkan. Saya sering bermain bersama teman-teman. Dengan teman sekolah, saya suka berkunjung ke rumah mereka dan belajar bersama, sedangkan dengan teman-teman di rumah, saya sering bermain berbagai permainan tradisional atau nge-bolang atau berpetualang ke sawah dan sungai.

Di masa sekolah dasar lah prestasi-prestasi yang saya dapatkan dimulai, karena sekolah saya termasuk sekolah yang terpopuler disana sehingga sering mengikuti berbagai event atau perlombaan. Tapi prestasi yang saya peroleh lebih banyak di organisasi yaitu di Pramuka.
Disanalah asal muasal Pramuka benar-benar melekat dalam kehidupan saya. Mulai dari juara gerak jalan, juara dalam jambore tingkat kecamatan dan juara lintas alam tingkat Kabupaten Bogor.
Mungkin karena pembawaan saya yang tomboy jadi saya sangat menyukai tantangan, semua itu bisa saya dapat dalam semua kegiatan Pramuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar