Senin, 29 Februari 2016

Bogor Tourism - Wisata Bogor


Bogor Raya


Di post kali ini saya akan memetakan wisata Bogor berdasarkan wilayah, baik itu di Kabupaten Bogor maupun di Kota Bogor.


Kota Bogor
Peta Wisata Kota Bogor saya bagi menjadi 4 bagian, yaitu :
  •  Utara terdiri dari 2 kecamatan Bogor Utara dan Tanah Sereal.
Daerah ini menjadi salah satu tujuan utama wisata kuliner, sebab di wilayah ini terdapat banyak sekali rumah makan dan cafe yang modern maupun tradisional. Semua jenis makanan bisa didapat disini mulai dari cemilan, makanan berat, maupun makan penutup bercita rasa lokal maupun internasional.
Letaknya yang sangat stategis dan dekat dengan tol menjadikan wilayah ini sangat ramai dikunjungi oleh warga luar Bogor yang ingin berwisata kuliner.


  • Timur terdiri dari 2 kecamatan Bogor Timur dan Bogor Selatan.
Di wilayah Bogor Timur menjadi pusat wisata belanja, sebab di daerah ini terdapat 2 mall terbesar di Kota Bogor, selain itu banyak juga berdiri factory outlet dari berbagai merek dan brand serta distro. Karena belanja juga bisa membuat lapar, di sekitar Bogor Timur juga menjadi tempat untuk wisata kuliner, banyak terdapat restoran dan toko yang menjual oleh-oleh. Sedangkan di Bogor Selatan menjadi pusat wisata religi Kota Bogor, di daerah Empang terkenal dengan wisata religi Islam, dan Bondongan Sukasari dengan daerah pecinannya. Selain itu, dua tempat tersebut menjadi pusat wisata kuliner murah di Kota Bogor. Di Bogor Timur dan Selatan juga menjadi tempat liburan keluarga karena memiliki tempat wisata yang menyajikan permainan untuk anak, ada SKI di Katulampa dan Jungle Water Adventure serta JungleFest di Bondongan.
  • Barat yang berada di kecamatan Bogor Barat.
Di daerah ini saya pikir menjadi pusat konservasi di Kota Bogor, karena banyak kantor pemerintahan di bidang kehutanan dan pertanian mungkin karena lebih dekat dengan kampus pertanian terbesar di Indonesia yaitu IPB. Disini juga berdapat danau yang cukup besar menurut saya yaitu danau Situ Gede.
  • Tengah yang berada di kecamatan Bogor Tengah.
Wilayah ini menjadi pusat wisata sejarah dan pusat pemerintahan Kota Bogor. Disebut pusat sejarah karena disinilah asal muasal Bogor berdiri lalu berkembang menjadi pusat pemerintahan. Banyak sekali peninggalan sejarah dari masa penjajahan di pusat kota ini, dan juga gedung-gedung saksi sejarah bangsa Indonesia.

 
Kabupaten Bogor
Untuk kabupaten Bogor sendiri untuk wisata lebih banyak terdapat di wilayah Barat dan Selatan yang berhubungan langsung dengan Gunung Salak salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat. Sedangkan untuk wilayah Tengah dan Timur sudah dijadikan wilayah industri karena berbatasan langsung dengan DKI Jakarta, disini juga terdapat banyak sekali perumahan.

Peta Wisata Kabupaten Bogor terdiri dari 2 bagian, yaitu :
  • Wilayah Bogor Barat
Disinilah tempat saya tinggal, jadi saya sangat mengenal wilayah ini. Bogor Barat merupakan pusat wisata alam dan wisata budaya.
Bogor Barat masih kental dengan adat Sunda nya, sehingga memiliki wisata budaya diantaranya kampung Wisata Cinangneng, wisata pembuatan Wayang Golek Ciampea dan juga ada Kampung Adat Sindang Barang yang terletak di perbatasan Kota Bogor dan Kab. Bogor.
Untuk wisata alam banyak sekali di Bogor Barat, karena Bogor Barat memiliki akses langsung ke Gunung Salak dan juga jalan tembus menuju ke Sukabumi melewati Pegunungan Halimun Salak. Selain itu sepanjang perbatasan dengan Banten yaitu Tenjo, Jasinga dan Sukajaya merupakan daerah perbukitan.
Berikut ini daftar tempat wisata di Bogor Barat yang saya ketahui :
  1.   Ciampea          : Gunung Kapur
  2.   Ciseeng           : Air Panas, Tirta Sanita Ciseeng
  3.   Rumpin            : Gunung Munara
  4.   Pamijahan, Tenjolaya, dan Perbatasan Tamansari
-          Gunung Salak Endah
-          Taman Nasional Gunung Halimun Salak
-          Bumi Perkemahan Gunung Bunder
-          Kawah Ratu
-          Bumi Perkemahan Sukamantri
-          Curug Seribu
-          Curug Ngumpet
-          Curug Nangka
-          Curug Cigamea
-          Curug Luhur
-          Curug Gentong
-          Curug Cihurang
-          Curug Pangeran
-          Bukit Panorama
-          Pemandian Air Panas
       5.   Leuwiliang       : Kebun Teh Cianten Herang
       6.   Nanggung        : Wisata Tambang Emas PT. Antam
       7.   Jasinga             : Goa Gudawang, Air Panas Cipanas
       8.  Sukajaya, Cigudeg : Perkebunan Kelapa Sawit, 99 Miniatur Masjid Dunia (dalam tahap  
            pembangunan)

  • ·         Wilayah Bogor Selatan dan Beberapa dari Bogor Timur
Hampir serupa dengan Bogor Barat, wilayah Bogor bagian Selatan ini juga memiliki banyak tempat wisata alam karena masih berhubungan dengan Gunung Salak. Untuk wisata alam tidak jauh berbeda dengan Bogor Barat dengan banyaknya air terjun atau curug serta kawasan kebun teh yang terkenal di daerah Puncak.
Berikut ini daftar tempat wisata di Bogor Selatan dan Beberapa di Bogor Timur yang saya ketahui : 
  1.  Jonggol      : Gunung Batu, Taman Wisata Mekarsari (Taman Buah dan WaterKingdom Mekarsari)
  2. Gunung Putri   : Bukit Pelangi
  3. Sukaraja, Babakan Madang : Jungleland, Taman Budaya Sentul, Gunung Pancar, Air Panas Gunung Pancar, Curug Leuwihejo, Curug Bidadari
  4. Megamendung: Curug Cilember, Curug Naga, Curug Panjang
  5. Cisarua       :
    Taman Wisata Matahari, Taman Safari Indonesia, Puncak Pass, Kebun Teh Gunung Mas, Venue Paralayang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar